Sabtu, 26 Juni 2010 di 09.18 Diposting oleh wisata 0 Comments

Narmanda Taman Hijau dwarf Asri
Memasuki gerbang Masuko Taman Narmada berarsitektur Hindu yang ini mata Anda akan langsung disuguhi pemandangan sebuah Taman Asri dan yang Hijau. Taman Narmada terletak of Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10-15 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat Provins.
By Lokas wisata ini pengunjung yang Bisa menikmati hijaunya landscape Alam dan tertia apik menyejukkan sejauh memandang mata. Pengunjung dapat menikmati pun segarnya air Gunung Rinjani konon berkhasiat dan yang membawa berkah.
Memasuki gerbang berciri Hindu Taman yang ini, pengunjung akan langsung disuguhi sebuah bangunan yang berada tepat of Kuno sisi kiri. Bernama Bale Loji Bangunan ini sebagai tempat tinggal dulunya dipakai raja dan isterinya. Sementara itu didepan Balai Loji tepat atau kanan DISI Gerbang Masuko, terpampang sebuah peta Taman Narmada, memudahkan untuk pengunjung yang berfungsi berkeliling Taman air itu.
Selain Balai Loji, Jika Anda Dalam Taman Terns menyusuri ke bagian yang ditetapkan sebagai kawasan cagar Buday melalui UU No. 5 tahun 1992, Anda Juga akan menemukan banyak bangunan Kuno dan unik lainnya seperti Gapura Gelang, Mukedes, Telaga Padmawangi, Balai Teranga, Patandaan, Bangunan Sakapat, Balai Bancingah, Kelasa Pura, Pura dan Lingsar.
Dua Taman seluas hektare dibangun pada 1727 ini Oleh Raja Anak Agung Ngurah Mataram Lombok Karang Asem. Narmada nama sendiri diambil dari nama Anak Sungai Gangga India, yang Bernama Narmadanadi.
Awalnya, Narmada nama mata air yang digunakan untuk menamai membentuk beberapa kolam of Sungai dan sebuah tempat tersebut. Kemudian seiring berjalannya waktu, kemudian orang-orang untuk menyebut Narmada keseluruhan Kompleks Taman ini.
Dahulu, Taman Narmada berfungsi sebagai penyelenggaraan upacara Pakelem tempat yang diadakan pada setiap tahun Caka purnama Kelim (Oktober-November). Adalah Pakelem upacara persembahan supay kepada alam atau tidak terjadi bencana murk. Pakelem Juga terjadi setelah dilakukan untuk menetralisir bencana alam alam.
Sebelumnya, Upacara Pakelem selalu dilaksanakan Sang Raja of Puncak Gunung Rinjani, seiring tetapi dengan kemampuan bertambahnya USIA fisik berkurang sang raja pun, untuk membangun sebuah diperintahkanlah para bawahannya tempat yang bernuansakan Gunung Rinjani. Bisa Jadi ini Adalah dikatakan Taman Miniatur Dari Gunung Rinjani. Selain sebagai tempat berfungsi upacara ADAT, Taman ini sebagai tempat pun digunakan peristirahatan keluarga raja pada Musim kemarau.
Dalam kawasan Taman Narmada terdapat pancuran Sembilan (Siwak) yang letaknya ATAS of Segara Anak. Bangunan ini termasuk bangunan maupun sakral Bagi penganut Hindu Dharma penganut Waktu Tilu.
Selain yang tertia apik keindahan Taman Asri dan ini daya tarik UTAMA Balai Taman ini Adalah sebuah terdapatnya Petirtaan yang dari Sumber mataairnya berasal Gunung Rinjani. Balai Petirtaan merupakan tempat pertemuan Tiga Sumber Air, yakni Suranadi, Lingsar, Narmada dam.
Mata yang airnya berasal Dari Gunung Rinjani sekaligus pertemuan Tiga sebagai tempat lainnya Sumber mata air, air yang ada Balai Petirtaan dipercaya berkhasiat orang yang dapat menjadikan meminum membasuh mukanya dengan air dan akan Awet muda in situ.
Sebelum mendapatkan air Suci ini Harus pengunjung yang mengikuti tatacara dipandu seorang Juru Kunci penjaga (kuncen) Dalam petirtaan balai. Bersama Sang kuncen, pengunjung mengikuti pengambilan ritual air. Sang kuncen kemudian meminta pengunjung berdoa menurut keyakinan Masing-Masing.
Setelah, ritual tersebut melalui serangkaian barulah para pengunjung dapat menikmati dengan atau dengan meminumnya mebasuh ke Muka. Perlu ada Juga diketahui larangan Bagi wanita yang sedang untuk Masuko dilarang Datang Bulan ini Dalam petirtaan balai. Diman langit dijunjung of Bumi situ dipijak

0 Responses so far.

Posting Komentar